Beranda > Parenting Education > Pendidikan Pra Nikah: Perlukah?

Pendidikan Pra Nikah: Perlukah?

Perkawinan sebagai peristiwa sakral dalam perjalanan hidup dua individu. Banyak sekali harapan untuk kelanggengan suatu pernikahan. Agar harapan pernikahan dapat terwujud, maka diperlukan pendidikan pranikah dan parenting yang merupakan salah satu upaya penting dan strategis.

Saat ini, pendidikan pra nikah belum menjadi prioritas bagi keluarga maupun calon pengantin. Padahal dalam kursus diajarkan banyak hal yang dapat mendukung suksesnya kehidupan rumah tangga pengantin baru. Angka perceraian pun dapat diminimalisir dengan adanya pendidikan pra nikah.

Materi yang diberikan pada kursus pranikah antara lain, kesehatan organ reproduksi, UU perkawinan, UU KDRT. Dengan adanya pemaparan materi-materi itu, pasangan baru tersebut mengetahui apa hak dan kewajiban secara undang-undang. Misalnya saja pengantin jadi mengetahui, kalau saat terjadi perselisihan antar suami-istri, berdasarkan Undang-undang tetangga atau keluarga terdekat bisa menengahinya.

Pendidikan pra nikah juga dapat mengajarkan pemahaman kepribadian masing-masing calon pengantin dan pola-pola penyesuaian yang tepat pada setiap pasangan calon pengantin. Pemahaman tetnang kepribadian diri sendiri dan calon pasangan ini menjadi penting karena ditengarai banyak perceraian terjadi karena kebiasaan-kebiasaan kecil yang tidak disukai oleh lawan jenis.

Materi penting yang juga ada dalam pendidikan pra-nikah tersebut adalah mengenai cara menjadi orang tua yang baik. Seperti diketahui, menjadi orang tua tidaklah mudah. Banyak hal yang harus dipersiapkan baik moril maupun materiil.

Pada kursus tersebut akan dibahas mengenai kesiapan menjadi orang tua, mendidik anak dan mengatur emosional. Selain itu peserta juga akan mendapatkan materi tentang managemen keuangan keluarga.

Mengingat Indonesia dikenal dengan kultur religinya, penyelenggara kursus dapat dilakukan oleh Departemen Agama. Lokasi pendidikan dapat dilakukan di tempat ibadah, misalnya untuk umat Islam dapat dilakukan di lingkungan masjid.

Iklan
  1. Januari 31, 2010 pukul 5:54 pm

    perlu sepertinya.

  2. Maret 3, 2010 pukul 8:19 am

    FYI, prosedur pernikahan Katolik menyebutkan bahwa Pastor
    baru bisa/boleh memberikan sakramen pernikahan
    apabila calon sudah mengikuti (dan lulus)
    kursus perkawinan yang diadakan oleh gereja.

    Jadi, pendidikan tsb memang perlu.

  3. Januari 23, 2013 pukul 2:12 pm

    Keluarga merupakan sumber kebaikan maupun keburukan suatu negara. Terutama untuk anak muda mudi zaman sekarang. terlalu banyak diri dimanja dengan hal-hal instan. Tata pergaulan yang bebas menimbulkan tata nilai baru dalam bersikap para muda mudi, yang jika diaplikasikan dalam berumah tangga akan banyak menghasilkan konflik.
    Pelajaran bagaimana membatasi diri jika dalam posisi sebagai istri atau suami dalam lingkungan dan pergaulan.
    Pelajaran bersabar, mengintrol emosi, ucapan dan tindakan saat mendapatkan permasalahan keluarga.
    Pelajaran dalam mengasuh bayi dan anak yang perlu ilmu, dan kesabaran.
    Saat ini terlalu banyak godaan yang hadir dilingkungan. Perempuan dan Wanita telah menjadi bunga-bunga yang jika tidak sadar akan menghancurkan keutuhan keluarga.
    Terlalu banyak yang perlu dipelajari, dipahami dalam berkeluarga. Dan sebaiknya berkeluarga bukan menjadi bengkel untuk memperbaiki keburukan, kekurangan, tapi berkeluarga untuk saling belajar menghargai.

  4. Juli 31, 2014 pukul 4:11 pm

    Hi there, of course this paragraph is actually fastidious and I
    have learned lot of things from it about blogging.

    thanks.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: