Arsip

Posts Tagged ‘harapan 2010’

RESOLUSI 2010

Desember 30, 2009 2 komentar

Ada salah satu organisasi masa besar yang mengharamkan infotainment, begitu yang sepekan ini menjadi berita yang sekejap mengalihkan perhatian publik, di antara headline tentang skandal Bank Century, Gurita Cikeas, atau kasus Prita Mulyasari. Pertemuan antara wartawan dgn tokoh agama menghasilkan kesepahaman bahwa yang “diharamkan” adalah perilaku Ghibah-nya (menggunjing alis bergosip), bukan pada jenis acara atau institusinya.

Jadi, siapa dong yang salah dalam kasus Luna Maya vs wartawan Infotainment???

Eits….eits…bukan itu yang mau dishare…..biarlah maslaah Luna Maya vs wartawan mengalir sampai ke muaranya.

Ada yang juga menarik, mewarnai berita-berita infotainment akhir-akhir ini, terkait dengan RESOLUSI 2010. Apa itu???? Kurang lebih adalah keinginan-keinginan atau harapan yang ingin diwujudkan di tahun 2010…

Ada yang belum berjodoh….pingin dapet pasangan. Ada yang dah tunangan..pingin nikah. Ada yang pingin bikin album. Cuman…kok gak ada ya…artis yang pingin balikin utang…banyak duit kali yaa…hehe…(ketawa sendiri)..

Terus..gimana dengan  resolusi anda di 2010???

Apa perlu KITA bikin resolusi???

Apapun istilahnya….merumuskan apa yang ingin dicapai ke depan membuat hidup lebih terarah dan menantang untuk diwujudkan…

Ini nih sharing saya beberapa aspek dan contoh pencapaian yang mungkin dapat dijadikan referensi dalam membuat resolusi 2010.

1.     Karir:

–        Apakah anda berkeinginan untuk promosi?

–         Pencapaian finansial/pendapatan anda dari perusahaan.

–         Ingin pindah unit kerja.

–         Ingin membuat proposal tertentu untuk perusahaan.

2.      Keluarga:

–         Pingin punya anak lagi….

–         Ingin menyekolahkan anak di sekolah unggulan.

–         Ikut kursus manajemen keuangan keluarga.

–         Ikut seminar parenting.

3.     Kesehatan:

–         Ingin membiasakan olahraga (joging, renang, sepeda, dll) rutin 2 kali seminggu.

–         Turun berat badan 2 kg sampai akhir tahun (asyik nih).

4.     Keuangan:

–         Nabung tiap bulan sekian ratus ribu (kebanyakan nggak??)

–         Investasi, bisnis sampingan, bisnis pulsa, air isi ulang, laundry, jasa penyalur PRT/babysitter, dll.

5.     Sosial:

–         Menyumbang pembangunan masjid.

–         Menyumbang buku-buku untuk perpustakaan anak jalanan atau panti asuhan.

6.     Spiritual:

–         Self evaluation secara rutin, reorientasi pencapaian tujuan hidup.

–         Membiasakan meditasi dan sholat malam (tahajud).

7.     Pengembangan Diri:

–         Ingin menguasai keterampilan baru (masak, blogging, berkebun, ternak lele, dll).

–         Ingin lebih bisa mengendalikan emosi.

–         Ingin lebih percaya diri.

–         Ingin lebih banyak teman.

Apa lagi ya…..silahkan ditambahkan…..

Akan lebih baik jika keinginan-keinginan tersebut disertai ukuran dan cara pencapaiannya. Ingat kaidah SMART (Specific, Measureable, Attainable, Result, Timeliness). Buatlah resolusi yang spesifik, terukur, dapat dicapai, jelas hasilnya, dan jelas target waktunya. Misalnya, kalau kita ingin menyumbang untuk panti asuhan, tentukan nominalnya yang realistis (bisa saja realisasinya lebih banyak), dari sumber penghasilan mana uang yang akan disumbangkan dan kapan akan dipenuhi….

Selamat jalan 2009…Welcome to 2010…